Monday, March 6, 2023

Mengenal Custom Keyboard Mekanikal dan Komponennya

Buat kamu yang masih baru dan ingin tahu seperti apa sih keyboard mekanikal itu. Mekanikal keyboard atau keyboard mekanik pada dasarnya adalah keybaord yang kurang lebih sama fungsinya dengan keyboard-keyboard yang ditemui pada laptop.

Perbedaan mendasarnya adalah penggunakan sistem mekanik, seperti tombol dan switch, dibanding keyboard pada laptop yang menggunakan membran yang terbuat dari karet.

Namun saat ini mekanikal keyboard tidak hanya berfungsi sebagai keyboard penunjang bekerja, namun bisa juga untuk bermain game. Karena itu saat ini banyak sekali yang menciptakan mekanikal keyboard yang bisa di custom sehingga bisa personal dan disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut dalam dunia mekanikal keyboard dan nantinya ingin mencoba sendiri hingga men-custom keyboardnya sendiri setidaknya ada beberapa bagian dari keyboard mekanik tersebut yang perlu kamu tahu.


1. Casing


Ini adalah yang paling mudah terlihat. Jika kamu mendalami keyboard mekanikal kamu akan menemui begitu banyak model dan bentuk-bentuk yang sangat bervariasi dari mechanical keybaord ini. 

Untuk bagian ekterior dari keyboard ini atau case dibuat dari berbagai macam pilihan tergantung dari produsennya. Case yang sering ditemui untuk mechanical keybaord entry level adalah yang berbahan dasar plastik.

Dengan kualitas plastik dan warna yang tentunya beraneka ragam. Ini bisa menjadi pilihan menarik bagi kamu yang pertama kali ingin membeli keyboard mekanikal.

Bahan case yang lain yang bisa ditemui adalah yang berbahan dasar metal / aluminium. Bahan aluminium ini akan membuat harga keybaord lebih mahal dari keybaord yang berbahan plastik. Bahan lain yang juga sering ditemui adalah acrylic dan polycarbonate.

Berbagai macam bahan untuk case mechanical keyboard ini pada akhirnya bisa mempengaruhi sound profile dari keyboard tersebut.


2.  Keycaps


Keycaps tentu harus ada, karena inilah tempat kita mengetik. Dimana material dari keycaps juga bervariasi dari yang berbahan plastik ABS ataupun yang PBT. Kedua bahan ini juga memberikan sound profile yang berbeda. 

Selain itu keycaps juga bervariasi dari segi profile (bentuk). Macamnya yang paling populer adalah cherry profile. Ada pula profile OEM yang sering kita temui di umumnya keyboard, ada juga XDA profile yang berbentuk bundar namun rata pada bagian atasnya (mirip dengan keyboard-keybaord laptop entry level), dan juga profile yang tinggi seperti SA profile.


3. Switch


Switch adalah sistem mekanik yang ditempatkan dibawah keycaps. Switch ibarat tombol. Dimana switch yang digunakan masuk dalam 3 kategori utama yang di populerkan oleh keyboard cherry, yaitu blue switch, brown switch dan red switch.

Dimana blue switch bersifat clicky tactile. Brown switch yang bersifat tactile, dan yang red switch bersifat linier.

Ketiga jenis ini selain dari feel mengetiknya biasanya juga berpengaruh pada sound profilenya juga. Hal ini para produsen memproduksi dengan variasi bahan dan per yang berbeda-beda. Selain itu switch itu sendiri ada yang dipasang dengan cara menyolder, atau yang bisa hotswap (tinggal pasang dan cabut). 

Dimana switch hot swap juga ada yang terdiri 3 pin atau 5 pin sebagai dudukan di pcb/plate.


4. Plate


Dibawah switch, ada yang namanya plate, plate adalah tempat memasang swith tadi. Switch juga memiliki berbagai macam jenis material. Material yang sering dipakai untuk plate adalah steel, aluminium, polycarbonate, FR4, POM, brass.

Untuk keyboard-keyboard entry biasanya menggunakan plate berbahan steel. Sedangkan untuk keyboard dengan range harga yang lebih tinggi ada yang sudah memberikan polycarbonate sebagai platenya.

Yang pasti penggunaan bahan yang berbeda pada plate akan membuat sound dan typing feel yang berbeda-beda.


5. PCB


Pcb bisa diibaratkan dengan motherboard di PC, atau dengan sederhananya ketika kita menekan tombol di keyboard, pcb lah yang akan meregister tombol apa yang ditekan dan keluar dilayar komputer kamu.

PCB diletaikkan dibawah plate. Switch yang tertancap di plate juga harus tertancap di pcb tentunya, karena kalau tidak maka switch tidak akan berfungsi dengan sepenuhnya. Pin pada switch harus masuk kedalam pcb untuk memastikan tombol berfungsi.

Pcb memiliki beberapa perbedaan. Yang pertama adalah pcb soldered dimana untuk memasang switch ke pcb harusnlah di soldered, sedangkan pcb yang satunya adalah pcb dengan model hotswap panel. Dengan hotswap panel memungkinkan switch diganti dengan lebih mudah tanpa unsoldered. 


Dari 5 komponen dasar inilah yang bagian-bagian utama dari mechanical keyboard. komponen lain seperti dampenener atau busa-busa lain yang ditambahkan adalah untuk memaksimalkan sound profile dan typing feel. Namun dari 5 komponen utama tadi keyboard mekanik sudah bisa bekerja sebagai mana mestinya.




No comments:

Post a Comment

Cara Produktif Untuk Terus Menulis

Halo penulis. Kamu yang penulis pasti tau ada saatnya kamu malas untuk memulai menulis. Proses menulis sebenarnya diawali dengan proses yang...