Sunday, March 5, 2023

5 Tips Wajib Cara Memilih Keyboard Mekanikal Pertama Kamu

Saat ini pilihan keyboard mekanikal begitu banyak di marketplace. Sehingga buat kamu yang ingin mencoba pertama kali keybaord jenis ini cukup dipusingkan. Dibawah akan saya coba jabarkan sedikit agar kamu bisa memilih keyboard mekanikal pertama kamu terutama buat kamu yang akan menggunakan keyboard ini untuk menunjang produktivitas kamu atau buat menemani kamu bermain game.

1. Tentukan Budget

Range harga untuk mechanical keyboard sangat bervariasi mulai dari yang ratusan ribu hingga jutaan. Bisa kita bagi menjadi dua. Keyboard mekanik diharga dibawah satu juta atau yang diatas atu juta.

Untuk kamu yang masih belum pasti akan membeli keyboard dengan harga yang sejuta keatas karena dirasa untuk keyboard semahal itu bisa memilih opsi ini, dimana kamu mesti nyiapan dana Rp. 500,000 hingga sejuta.

Pilihan keyboard mekanik diatas harga sejuta tentu memberikan feature yang lebih dari yang dibawah sejuta. Biasanya memberikan feature yang lebih dan desain yang lebih baik. Tentu ini juga akan berpengaruh pada typing feel dan sound profile yang akan didapat. Pilihan ini bisa untuk kamu yang langung ingin mendapatkan feel experience terbaik untuk pemula sekalipun.


2. Tentukan Layoutnya

Keyboard mekanik memiliki berbagai macam layout. Dimana secara standar layout keyboard full size memiliki tombol yang paling banyak (komplit), selain alpha (huruf-huruf), function keys, numbers, dan tombol-tombol pelengkap lainnya.

Diluar dari itu ada juga yang memiliki layout TKL atau ten keyless dimana ukurannya akan lebih kecil dari pada keyboard full size dikarenakan ada pengurangan tombol-tombol angka.

Pilihan lain adalah keybaord dengan ukuran 80%, 75%, 65%, 60%. Dimana keybaord ini akan ada lagi tombol-tombol yang dikurangi dan tombol-tombol yang dikurangi tadi bisa diganti dengan kombinasi tombol fn key. 

Dengan keyboard mekanik dengan layout TKL, atau 80% kebawah otomatis keyboard akan terasa lebih compact. Pilihan ini membuat tampilan lebih modern dan cocok buat kamu yang minimalis dan juga membuat meja kerja punya lebih banyak ruang.


3. Pilih Switch Yang Sesuai


Pilihan switch yang tersedia biasanya dibagi menjadi 3. Tiga pilihan ini adalah clicky, tactile dan linier. Pilihan clicky biasanya akan cocok buat kamu yang sering banget untuk mengetik, karena feelnya yang didapat akan mirip-mirip seperti mesin tik, walaupun tidak akan sekerang mengetik di mesin tik, switch clicky biasanya juga menghasilkan suara yang cukup keras.

Pilihan switch ini kadang tidak untuk semua orang, kadang suaranya untuk sebagian orang cukup mengganggu. Switch ini mungkin kurang rekomendasi buat kamu yang akan menggunakan keyboardnya di kantor atau di tempat umum, karena suaranya yang lebih berisik.

Switch tactile adalah switch yang setipe dengan clicky namun suaranya lebih silent. Sehingga ini menjadikan pilihan yang baik terutama buat kamu yang suka suara click (feel bump) namun gak berisik. Menurut saya switch ini paling enak buat kamu yang kesehariannya lebih banyak mengetik dari pada bermain game.

Switch yang terakhir adalah linier. Dimana switch ini akan terasa tanpa halangan (bump) ketikan dipakai, sehingga akan terasa paling switch dan merasa paling gesit ketika digunakan. Banyak yang suka penggunaan switch linier dikarenakan suaranya yang tidak seberisik dibanding dengan switch tactile ataupun clicky selain itu feelnya yang terasa lebih smooth dirasa bisa mengakomodir dengan baik itu untuk mengetik ataupun untuk bermain game.


4. Ketersedian Hotswap Switch

Ketertarikan orang untuk terjun di hobby ini biasanya karena keybaord mekanik bisa di modifikasi sesuai keinginan penggunanya. Salah satunya adalah menggunakan switch yang berbeda. 

Switch ini akan ditempatkan pada pcb (semacam main board dari keyboard mekanikal). Sebagain keyboard mekanik penggunakan pcb yang tidak bisa diganti dengan switchnya, atau bisa diganti dengan di un-soldered terlebih dahulu, atau dengan teknologi hotswap. 

Saya pribadi akan merekomendasikan keyboard mekanik dengan pilihan hotswap-able switch dengan 3 dan 5 pin. Aritnya dengan feature ini kamu akan bisa mencoba (semua) switch-switch lain yang ada dipasaran dengan sangat mudah. Hanya tinggal cabut dan pasang yang baru.


5. Feature Bawaan Tambahan

Pilihan utama untuk feature adalah wired atau wireless (bluetooth dan atau dongle 2.4ghz). Dimana pilihan ini cukup menjadi pembeda dimana dengan wireless yang tidak menggunakan kabel otomatis akan membuat tampilan lebih clean dan fungsi yang biasanya bisa dipakai tidak hanya di satu device alias bisa disampung ke smartphone atau tablet.

Selebihnya jika tidak merasa hanya digunakan di satu device dan gak banyak pindah-pindah pilihan mode wired (menggunakan kabel sudah cukup). Terutama buat kamu yang hanya mencari keyboard untuk komputer atau PC (personal computer)

Feature lainnya adalah north facing atau south facing pcb. feature ini menempatkan lampu led menghadap keutara atau keselatan. North facing biasanya lebih bagus untuk orang-orang yang doyan lampu-lampu RGB pada keyboardnya, feature ini menghasilkan cahaya yang lebih terang dibanding keyboard yang menggunakan sount facing.


Diluar 5 tips cara memilih keybaord mekanikal pertama kamu ini tentu adalah desain juga. Namun desain disini sangatlah relatif. Kalau saya probadi saya akan mengutamakan pada typing feelnya terlebih dahulu, ini dikarenakan keybaord ini dipakai kerja. Sehingga bagaimana mechanical keyboard kamu ini akan membuat kamu lebih semangat dalam bekerja, dan pada akhirnya meningkatkan produktivatas kamu dalam bekerja.





No comments:

Post a Comment

Cara Produktif Untuk Terus Menulis

Halo penulis. Kamu yang penulis pasti tau ada saatnya kamu malas untuk memulai menulis. Proses menulis sebenarnya diawali dengan proses yang...