Thursday, March 2, 2023

Hobby Baru Yang Bikin Kamu Lebih Produktif

Buat kamu semua yang pelajar ataupun yang sudah bekerja. Hobby ini (keyboard mekanikal) adalah salah satu yang baru buat saya pribadi, dari sebelumnya hobby bermain gitar (yang ini tentu saja masih).

Apa sih keyboard mekanikal itu? 

Saat ini banyak dari kita yang bekerja, belajar yang menggunakan laptop. Dimana laptop tentu saja memiliki keyboard. Namun karena bentuk yang tipis, keyboard dari laptop umumnya menggunakan membran, semacam lapitan seperti karet.

Berbeda dengan keyboard membran, keyboard mekanik ini menggunakan sesuatu yang mekanik, makanya disebut dengan mechanical keyboard atau keyboard mekanikal. Mekaniknya dibagian mana. Yaitu pada switch  yang terletak dibawah tombol-tombol huruf (keycaps).

Ketika kita menekan huruf, maka ada mekanik (benda) yang bergerak sehingga menyentuk PCB (motherboard dari keyboard) dan meregister huruf-huruf yang kita tekan ini.

Sebenarnya jaman dulu, waktu awal-awal ada sebuah komputer semua input data menggunakan keyboard mekanik. Dimana jaman laptop belum populer dan semua orang masih menggunakan personal computer (PC) mendapatkan satu paket dengan keyboardnya yang masih mekanik.

Namun saat ini keyboard mekanik menjadi sebuah hobby baru, ini dikarenakan feel typing mekanik yang tidak akan pernah tergantikan oleh keyboard-keyboard tipis yang menggunakan membran.

Di era digital yang mana sudah banyak sekali orang yang menggunakan smarphone dan tablet dimana media untuk mengetiknya melalui layar dengan sedikit motor getar dari gadget tersebut sehingga akan terasa lebih real.

Namun tetap sejak feel langsung mengetik di keyboard mekanikal ini belum bisa tergantikan.

Bagi kamu yang belum pernah mencobanya, sangat saya sarankan untuk mencobanya dengan alasan utama karena ini adalah salah satu tools buat kamu meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja.

Mengetik dengan keyboard mekanik akan labih yakin dan presisi ketika digunakan untuk mengetik. Keyboard mekanik juga bisa disesuaikan dengan karakter mengetik kamu, ini karena sekarang ini keyboard mekanik dengan sangat mudah untuk di custom, baik dari pemilihan keycaps hingga switch yang digunakan dan ini salah satu hal paling mudah untuk mendapatkan feel mengetik yang berbeda.

Dengan tools yang mendukung artinya kamu akan lebih semangat dalam berkerja. Kamu juga akan merasa lebih enjoy dalam apa yang sedang kamu kerjakan.

Namun saat ini mekanikal keyboard bisa masuk menjadi sebuah hobby, ini dikarenakan begitu fleksibelnya keyboard ini untuk bisa di modifukasi, baik hanya dengan mengganti keycaps ataupun switch yang mana ketersediaannya di market place sangatlah banyak.

Serunya, hobby ini tidak hanya sekedar hobby namun bisa menjadi penunjang produktivitas.

No comments:

Post a Comment

Cara Produktif Untuk Terus Menulis

Halo penulis. Kamu yang penulis pasti tau ada saatnya kamu malas untuk memulai menulis. Proses menulis sebenarnya diawali dengan proses yang...